PROFIL

Frater

Fransesco Agnes Ranubaya
Calon Imam Keuskupan Ketapang
GerejaGereja Katolik Roma
Keuskupan agung
Keuskupan Agung Pontianak
KeuskupanKetapang
Imamat
Tahbisan imam
-
oleh -
Informasi pribadi
Nama lahirFransesco Agnes Ranubaya
Lahir25 Juni 1990 (umur 34)
Sungai Raya PontianakKalimantan Barat
KewarganegaraanIndonesia
KediamanJalan Jenderal Ahmad Yani 74 Kantor, Delta Pawan, Ketapang 78811[1]
Orang tuaSerilus Edy Boy, S.Pd.Ing (†) (Ayah)
Juraini (Ibu)
ProfesiFormatio Tahun Orientasi Rohani (TOR) pada tanggal 13 Juni 2020 (4 tahun, 348 hari),
Penjubahan pada tanggal 18 Oktober 2020 (4 tahun, 221 hari) oleh Mgr. Pius Riana Prapdi,
Formatio Seminari Tinggi pada tanggal 12 Juli 2021 (3 tahun, 280 hari)
PendidikanSDN 34 Pontianak Barat, SDN 66 Sungai Raya Dalam, SD PL St. Yosef Ketapang, SMP PL St. Albertus Ketapang, SMA St. Petrus Ketapang
AlmamaterUniversitas Widya Dharma Pontianak[2], STFT Widya Sasana Malang[3]
Semboyan"Iesus Mea Fortitudinem" (Yesus adalah Kekuatanku)
Lambang{{{coat_of_arms_alt}}}

Alexander Fransesco Agnes Ranubaya adalah calon Imam Diosesan Keuskupan Ketapang yang lahir di Pontianak, 25 Juni 1990. Dibabtis di Paroki Katedral St. Gemma Galgani Keuskupan Ketapang, 19 April 2003 dan menerima Sakramen Krisma pada tanggal 20 Juni 2004 oleh Mgr. Blasius Pujarahardja. Ia merupakan putera pertama dari ketiga bersaudara. Ayahnya, Serilus Edy Boy, S.Pd.Ing, (alm.) adalah seorang ASN di Kabupaten Ketapang sebagai Kepala SMPN 1 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sementara ibunya, Juraini, adalah ibu rumah tangga biasa.

Ia menempuh sekolah pendidikan dasar di SDN 34 Pontianak Barat (1995), SDN 66 Sungai Raya Dalam Pontianak (1999), dan SD Pangudi Luhur St. Yoseph Ketapang (2001)[4]. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Pangudi Luhur St. Albertus Ketapang pada tahun 2002[5]. Pada tahun 2005, ia melanjutkan pendidikan menengah atas di SMA USABA St. Petrus Ketapang[6] dan lulus pada tahun 2008.

Sebelum menjadi calon imam diosesan Keuskupan Ketapang, tidak lama setelah menyelesaikan pendidikan SMA, ia pernah bekerja di Bank Central Asia, Tbk. sebagai Teller Bhakti dari tahun 2009 s/d 2012. Pada tahun 2012, ia pernah melaksanakan pembinaan di Seminari Menengah St. Laurensius Ketapang, namun sekitar 6 bulan mengalami sakit TBC, akhirnya ia berhenti dan melanjutkan pengobatan selama 9 bulan. Setelah sembuh dari sakitnya, Ia melanjutkan pendidikan S1 Jurusan Sistem Informasi di Sekolah Tinggi Manajamen Informatika dan Komputer (sekarang Universitas Widya Dharma Pontianak) pada tahun 2012 dan menyelesaikan pendidikan Sarjana Komputer di tahun 2018 dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Selama menekuni pendidikan S1, Alexander Fransesco Agnes Ranubaya juga membantu Yayasan AMKUR sebagai staff Tata Usaha di PAUD, PG, TK Marie Joseph Pontianak serta menjadi guru mata pelajaran TIK di SD Swasta Katolik Marie Joseph Pontianak dari tahun 2013-2017.

Tidak hanya itu, sejak tahun 2014 ia bergabung dengan Persaudaraan Ordo Fransiskan Sekuler (OFS) - Ordo Ketiga Awam Fransiskan - dari aspiran, postulan, novis hingga berkaul kekal pada 7 Oktober 2017[7]. Selama menjalani kuliah di STMIK Widya Dharma Pontianak, Alexander Fransesco Agnes Ranubaya sangat aktif di bidang jurnalistik dan pernah mengikuti pelatihan Fotografi Jurnalistik yang diadakan oleh Pimred Pena Katolik - Bapak Paul C. Pati bersama puteranya Damianus R. Soni P[8]. Ia menghasilkan beberapa karya tulisan reportase di sesawi.net[9], Majalah Duta Pontianak dan bergabung sebagai anggota Komisi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Pontianak. Selain itu, ia juga pernah menjadi Staff IT dan E-Commerce di Asana Nevada Ketapang Hotel (sekarang Hotel Nevada Ketapang) dari tahun 2018 s/d 2020.

Pada tahun 2020, ia bergabung kembali di Keuskupan Ketapang yang digembalakan oleh Mgr. Pius Riyana Prapdi - Uskup Ketapang - dan menjalani formatio di Tahun Orientasi Rohani di bawah Direktur TOR St. Laurensius Ketapang, RD. Andreas Setyo Budi Sambodo dari tahun 2020 s/d 2021 sebagai Frater Keuskupan Ketapang ditandai dengan penerimaan jubah yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2020 di Katedral Ketapang[10]. Setelah lulus dari TOR St. Laurensius Ketapang, ia melanjutkan formatio di Seminari Tinggi Interdiosesan San Giovanni XXIII Malang dan mengeyam pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang pada tahun 2021 dan berhasil menyelesaikan studi S1 Filsafat Keilahian pada tahun 2025 dengan penelitian skripsi yang berjudul "FORMA CANONICA DAN CONSENSUS SEBAGAI SYARAT KEABSAHAN PERKAWINAN (Studi Komparasi Perkawinan Adat Dayak Pesaguan dan Perkawinan Katolik)"[11] dengan dosen pembimbing RD. Alphonsus Tjatur Raharso (Dosen Hukum Kanonik dan Vikjen Keuskupan Malang) dan dosen penguji RP. Yohanes Wilson B. Lena Meo, O.Carm. (Dosen Hukum Kanonik).

Pengalaman Kerja[12]

  • Februari 2007 – Juni 2008: Guru privat untuk siswa SD dan SMP, mengajar mata pelajaran umum, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Januari 2007 – Agustus 2008: Operator di Beyou Cyber Keuskupan Ketapang; bertanggung jawab atas kontrol billing dan client, pembuatan laporan transaksi harian, serta kontrol koneksi
  • Agustus 2008 – Agustus 2009: Operator di Kliknet Internet Lounge; bertugas mengelola billing dan client, membuat laporan transaksi harian, serta kontrol koneksi
  • Agustus 2009 – Agustus 2012: Teller di PT. Bank Central Asia, Tbk. KCP Ketapang; melayani nasabah dalam transaksi keuangan, mengelola kas dan sistem IDS-BDS, follow-up nasabah, serta membuat laporan akhir keuangan dan tutup kas
  • Desember 2012 – April 2013: Administrator billing dan client di Lunarcom Computer Store and Internet Surfing; juga bertugas sebagai teknisi (perbaikan PC dan printer, maintenance PC Warnet), serta menangani pelaporan keuangan harian dan bulanan
  • Juli 2013 – Juli 2014: Administrator Tata Usaha di PG-TK Marie Joseph Pontianak
  • Juli 2013 – Juli 2017: Administrator Tata Usaha sekaligus guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer di Sekolah Dasar Swasta Katolik Marie Joseph Pontianak
  • Februari 2019 – Juli 2019: Front Desk Agent / Front Office / Receptionist di Hotel Asana Nevada Ketapang
  • Agustus 2019 – sekarang: E-Commerce & Reservation serta Visual Graphic / Graphic Designer di Nevada Ketapang Hotel

Pengalaman Organisasi[13]

  • 2005 s/d 2006: sebagai Wakil Bendahara di OSIS SMA St. Petrus Ketapang
  • 2006 s/d 2007: sebagai Sekretaris di OSIS SMA St. Petrus Ketapang
  • 2005 s/d 2008: sebagai Ketua Lab di Asisten Guru TIK SMA St. Petrus
  • 2013 s/d 2014: sebagai Koordinator Kerohanian di Senat STMIK Widya Dharma Pontianak
  • 2014 s/d 2015: sebagai Sekretaris di Senat STMIK Widya Dharma Pontianak
  • 2016 s/d 2017: sebagai Ketua di Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia Cab. Pontianak
  • 2018 s/d 2019: sebagai Ketua Bidang Teknologi Informasi di Pemuda Dayak Kalimantan Barat
  • 2020 s/d 2021: sebagai Ketua di Komunitas Karyawan Muda Katolik
  • 2023 s/d 2024: sebagai Anggota Seksi IT Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STFT Widya Sasana Malang
  • 2024 s/d 2025: sebagai Sekretaris Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) STFT Widya Sasana Malang

Studi dan Karya

  • 2012: Bergabung di Seminari Menengah St. Laurensius Ketapang (namun mengalami sakit TBC)
  • 2020-2021: Tahun Orientasi Rohani (TOR) St. Laurensius Ketapang
  • 2021-2025: Seminari Tinggi Interdiosesan San Giovanni XXIII Malang dan Studi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang
  • 2025-2026: Tahun Orientasi Pastoral (TOP)

Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Selama melaksanakan pendidikan di STFT Widya Sasana Malang, Alexander Fransesco Agnes Ranubaya sangat aktif melakukan penelitian-penelitian filsafat, teologi, kebudayaan, teknologi, kesetaraan gender dan lain sebagainya. Berikut beberapa judul artikel yang dipublikasi di tingkat nasional (Sinta) maupun Internasional (Scopus)[14][15], kolaborasi maupun penelitian mandiri yang terindeks di Google Scholar[9]:

1. Literasi Digital Pendidikan Seksualitas Pada Konteks Perkawinan Katolik (2021)
2. Eksistensi Kearifan Lokal Dalam Simbol-Simbol Suku Dayak Kalimantan Barat (2022)
3. Humanizing Digital Literature from the Moral View of Pancasila (2022)
4. Refleksi Kritis Terhadap Karya Keselamatan Allah Dalam Kerangka Historis Kitab Suci Perjanjian Lama (2022)
5. Reliabilitas Kitab Suci Dari Penemuan Gulungan Laut Mati (2022)
6. Katekese Sekolah Menengah Mengenai Yesus Sebagai Sahabat sejati dan Tokoh Idola Pada Peserta Didik Kelas XA SMAK Frateran malang (2023)
7. Pengaruh Misi Gereja Katolik Paska Konsili Vatikan Ii Di Keuskupan Ketapang (2023)
8. Pengaruh Politik Minoritas di Indonesia dalam Pilpress 2024 (Relevansi Konsep Fairness John Rawls) (2023)
9. Refleksi Kritis Terhadap Artificial Intelligence sebagai Teknologi Baru yang Manusiawi Menurut Dokumen Rome Call for AI Ethics (2023)
10. Inkulturasi Dan Pemaknaan Misa Imlek Dalam Gereja Katolik:(Tinjauan Fenomenologi Armada Riyanto) (2023)
11. Kesetaraan Gender: Perempuan Dalam Perspektif Ajaran Gereja Katolik Menurut Gaudium Et Spes (2023)
12. Pengaruh Miskonsepsi Dan Polusi Informasi Dalam Citayam Fashion Week Menurut Filsafat Das Sein Martin Heidegger (2023)
13. The death penalty in Indonesia: A theological perspective of law (2023)
14. Analisis Privasi Dan Publikasi Postingan Media Sosial Di Kalangan Orang Muda Menurut Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer (2023)
15. Kebebasan Politik Menurut Hannah Arendt dan Relevansinya Bagi Masyarakat Indonesia (2023)
16. Women’s Gender Equality in the Perspective of Gaudium Et Spes Art. 9 and 29 (2023)
17. Implementasi Arah Dasar Keuskupan Ketapang 2021-2033 Perspektif Antropologi Kristiani Stephen B. Bevans (2024)
18. Haram Dan Halal Serta Relevansinya Dalam Sudut Pandang Moderasi Beragama: Dalam Terang Filsafat Islam Al-Ghazali (2024)
19. Konsep Ajaran Iman Tentang Maria Sebagai Bunda Allah (Theotokos) Menurut Telaah Aidan Nichols (2024)
20. Enhancing Indonesian Nationalism: Exploring Archipelago and National Resilience (Social Philosophy Perspective) (2024)
21. Analisis Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J Oleh Ferdi Sambo (Dalam Tinjauan Hukum, Norma Moral Obyektif & Subyektif): Indonesia (2024)
22. Etika Penggunaan Teknologi AI Menurut Paul Ricoeur Sebagai Realisasi Hidup Baik (2024)
23. Prevention efforts of young people against radicalism in social media according to the conflict theory of Lewis A. Coser (2024)
24. Panglima: Sosok Pemimipin Ideal dalam Pandangan Masyarakat Dayak (Diskursus Filosofis Berdasarkan Pemikiran Machiavelli terhadap Kepemimpinan Panglima Jilah, Pemimpin Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng) (2024)
25. Pesaguan Dayak Kanjan Serayong Custom: The Relationship between Catholic Faith and Culture (2024)
26. Teologi Harapan Karl Rahner Dalam Tradisi Naik Dango Dayak Kanayatn (2024)
27. Adat Sabat Sebatatn Banua Simpakng dan Perspektif Gereja Katolik: Sebuah Komparasi (2024)
28. Etika Relasionalitas dan Nilai Hidup (Suster Pasionis dalam Penanganan Perempuan Hamil di Luar Nikah) (2025)
29. Panggilan Selibat Dalam Refleksi Filsafat Fondasi Interpretasi Spiritualitas Remah Dan Daun Kering (2024)
30. Misi Gereja Katolik Masa Kini: Kecerdasan Artificial Yang Memanusiakan Manusia (Implementasi Tujuh Karunia Roh Kudus Menurut Santo Agustinus) (2025)
31. Hubungan Antara Kitab Hukum Kanonik 1983 dan Konsili Vatikan II: Perspektif Teologi Pastoral (2025)

Referensi

  1. ^ "Nama Uskup dan Keuskupan Se-Indonesia" (PDF)Kementerian Agama Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik. Diarsipkan dari asli (PDF) tanggal 2019-08-23. Diakses tanggal 2 September 2019.
  2. ^ Universitas Widya Dharma Pontianak. https://widyadharma.ac.id/
  3. ^ E-Campus STFT Widya Sasana Malang. http://stfwidyasasana-akademik.ac.id/
  4. ^ "SD PL Yosef Ketapang"SD PL Yosef Ketapang (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2025-05-27.
  5. ^ "SMP Pangudi Luhur St. Albertus Ketapang"www.smpalbertusketapang.sch.id (dalam bahasa American English). Diakses tanggal 2025-05-27.
  6. ^ "One moment, please..." smasantopetrusketapang.sch.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2025-05-27.
  7. ^ Ranubaya, Fransesco Agnes. 2017. "Upacara Alih Tahap OFS Regio Kalimantan Tahun 2017". Diakses tanggal 2025-5-26
  8. ^ Ranubaya, Fransesco Agnes. 2018. "KOMSOS KAP dan Pena Katolik Mengadakan Kursus Fotografi Jurnalistik". Diakses tanggal 2025-5-26
  9. Lompat ke:a b "Fransesco Agnes Ranubaya"SESAWI.NET (dalam bahasa American English). 2024-03-09. Diakses tanggal 2025-05-27.
  10. ^ Ranubaya, Fransesco Agnes. 2020. "Sudah Sarjana dan Mapan Bekerja, Jubah Untuk Tiga Frater Keuskupan Ketapang". Diakses tanggal 2025-5-26
  11. ^ Ranubaya, Fransesco Agnes (2025). FORMA CANONICA DAN CONSENSUS SEBAGAI SYARAT KEABSAHAN PERKAWINAN (Studi Komparasi Perkawinan Adat Dayak Pesaguan dan Perkawinan Katolik). Malang: STFT Widya Sasana Malang. hlm. 1–120.
  12. ^ Ranubaya, Fransesco Agnes. "Frater Fransesco Agnes Ranubaya Biodata"Bodata Lengkap Fransesco Agnes Ranubaya. Diakses tanggal 2025-05-27.
  13. ^ LinkedIn, Author. "LinkedIn"LinkedIn. Diakses tanggal 2025-05-27.
  14. ^ Endi, Yohanes, Fransesco Agnes Ranubaya, and Christianus Watu. 2024. “Pesaguan Dayak Kanjan Serayong Custom: The Relationship Between Catholic Faith and Culture”Millah: Journal of Religious Studies 23 (2):505-50. https://doi.org/10.20885/millah.vol23.iss2.art1. Diakses tanggal 2025-5-26
  15. ^ Ranubaya, Fransesco Agnes. "Scopus ID"Scopus Preview. Diakses tanggal 2025-05-27.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar